Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi

Cara Membuat Titik Pada Daftar Isi

Ketika berbicara tentang daftar isi, maka beberapa hal pertama yang terlintas adalah skripsi, makalah, buku dan lain sebagainya. Daftar isi memang paling sering ditemukan pada makalah yang fungsinya adalah untuk mempermudah pembahasan yang ingin anda cari dan apa saja yang ada dalam makalah tersebut. Salah saru kesulitan yang sering dialami ketika membuat daftar isi ini adalah pembuatan titik titiknya sehingga biasanya anda akan menyerahkan tugas tersebut pada petugas rental. Namun sebenarnya, cara membuat titik pada daftar isi sangat mudah dilakukan sendiri dengan beberapa panduan yang akan kami berikan berikut ini.

Buka Dokumen MS Word

Buka Dokumen MS WordCara membuat titik pada daftar isi pertama yang harus anda lakukan adalah membuka dikumen MS Word yang anda miliki. Silahkan anda amati beberapa bagian MS Word dibawah ini untuk membuat titik titik daftar isi otomatis yang ada pada gambar berikut ini

Blok Daftar Isi

Blok Daftar IsiSesudah itu, silahkan anda blok daftar isi namun tidak bersama judulnya seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah nomor satu. Sesudah selesai di blok, lalu pada menu Home, silahkan anda pilih Justify yang ditunjukkan pada gambar nomor dua.

Blok Kedua Daftar Isi

Blok Kedua Daftar IsiLangkah selanjutnya, silahkan anda blok kembali seperti langkah kedua dan silahkan klik pada bagian Ruler atau Penggaris yang akan dipakai untuk patokan panjang titik titik hingga nantinya muncul tanda L seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut nomor satu.

Jika memang ruler belum muncul pada lembar kerja, maka silahkan pilih menu View kemudian centang Ruler. Namun jika sudah ada, silahkan lewati cara ini dan langsung klik kanan di area yang sudah diblok kemudian pilih Paragraph seperti gambar di bawah panah nomor satu.

Pastikan Ruler Sudah Muncul

Kedua, pastikan ruler atau mistar sudah muncul. Jika memang belum muncul, maka anda bisa menampilkannya dengan cara pilih menu View > lalu Centang opsi Ruler.Pastikan Ruler Sudah Muncul

Nantinya, ruller atau mistar akan muncul dan harus menggunakan ukuran centimeter. Jika memang masih inchi, maka anda bisa mengubahnya menjadi ukuran sentimeter.

Letakkan kursor pada posisi atas sebelah kiri di lembar daftar isi yang masih kosong dan pastikan tanda tabulasi sudah ada di gambar berikut ini.Pastikan Ruler Sudah Muncul

Jika memang yang muncul bukan tanda tabulasi, maka silahkan anda klik berulang kali sampai menemukan tanda tersebut dan silahkan klik pada ruler di posisi tanda titik titik ingin berahir seperi contohnya pada posisi 14 seperti gambar berikut ini.Pastikan Ruler Sudah Muncul

Nantinya, tanda tabulasi yang sudah anda pilih akan muncul pada ruler dan akan digunakan sebagai batas tepi titik titik sebelah kanan. Lanjutkan dengan double klik tanda tersebut memakai tombol mouse sebelah kanan dan nantinya akan muncul dialog seperti gambar berikut.Pastikan Ruler Sudah Muncul

Pilih Opsi 2

Langkah selanjutnya adalah silahkan anda pilih Opsi 2…………….., lalu tekan tombol SET dan klik tombol OK. Sesudah itu, pilih kembali tanda tabulasi sampai terlihat seperti gambar berikut ini.

Pilih Opsi 2Jika yang ditampilkan bukan gambar tabulasi tersebut, maka silahkan anda klik satu kali pada tanda tersebut dan berhenti ketika sudah menemukan gambar tersebut.

Klik pada ruler yang ada di sebelah tanda tabulasi yang sebelumnya sudah diletakkan seperti pada posisi 14.5 seperti pada contoh gambar berikut ini.pilih opsi 2

Nantinya, tanda tabulasi yang sudah dipilih akan tampil pada ruler dan tanda tersebut nantinya akan anda gunakan untuk memposisikan Nomor halaman sesudah titik titik.

Mengisi Daftar Isi

Sesudah pengaturan selesai, maka waktunya untuk mengisi lembar daftar isi. Cara cara untuk mengisi lembar daftar isi tersebut bisa anda ikuti seperti dibawah ini:

  • Tulis isi daftar isi.
  • Lanjutkan dengan membuat titik titik daftar isi otomatis dengan cara menekan tombol TAB di keyboard sehingga tanda titik titik akan muncul secara otomatis.
  • Untuk meletakkan nomor halaman di bagian samping titik titik, silahkan tekan kembali tombol TAB dan nantinya akan membuat kursor pindah lalu masukkan nomor halaman dan hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut ini:Mengisi Daftar Isi

Demikian ulasan dari kami tentang cara membuat titik pada daftar isi secara otomatis yang sangat mudah untuk dilakukan. Cara ini bisa dilakukan untuk MS Word 2007, 2010, 2013 dan juga 2016 dengan sangat mudah. Semoga bisa bermanfaat dan dipraktekkan dengan mudah.

You May Also Like

About the Author: Mbak Ayuh