Cara Mempercepat Bluestack di PC Agar Tidak Lemot

Cara Mempercepat Bluestack di PC Agar Tidak Lemot

BlueStacks adalah sebuah emulator yang memungkinkan penggunanya untuk memainkan game Android dalam Windows.

Penerbit perangkat lunak ini membanggakan di situs webnya bahwa emulator adalah “platform game mobile tercepat di Bumi.” BlueStacks 4 delapan kali lebih cepat dari versi sebelumnya dan menjalankan game enam kali lebih cepat daripada Samsung Galaxy S9.

Namun, beberapa pengguna masih menyatakan di forum bahwa BlueStacks lamban dan berjalan lambat di desktop atau laptop mereka.

Seorang pengguna menyatakan, “Ketika saya mencoba menjalankan permainan seperti Candy Crush Saga (di BlueStacks) hampir tidak dapat dimainkan karena kelambatan (setelah menekan Mulai reaksi adalah setelah 2-3 detik).” Ini adalah bagaimana pengguna dapat mempercepat Emulator BlueStacks di Windows 10.

Bluestacks lambat: Bagaimana Cara Mempercepat Bluestack?

  1. Perbarui BlueStacks

BlueStacks 4 adalah versi emulator tercepat. Dengan demikian, gim mungkin akan lebih cepat dan lebih responsif di BlueStacks terbaru daripada versi sebelumnya. Jadi memperbarui ke BS 4 terbaru adalah hal pertama yang harus dilakukan pengguna menggunakan versi perangkat lunak yang lebih lama.

Para pengguna dengan BlueStacks versi 3.52.66.1905 atau lebih tinggi dapat memperbarui emulator tanpa kehilangan data game dan pembelian dalam aplikasi dengan mengklik tombol Unduh BlueStacks pada halaman web perangkat lunak.

Namun, para pengguna yang menggunakan versi BS yang lebih lama kurang dari 3.7.44.1625 tidak dapat secara langsung memperbarui perangkat lunak. Dengan demikian, beberapa pengguna mungkin perlu menghapus instalan BlueStacks dan kemudian mengunduh dan menginstal BS 4 terbaru dari situs web emulator.

  1. Alokasikan Lebih Banyak RAM ke BlueStacks

RAM adalah sumber daya sistem penting yang dibutuhkan BlueStacks setidaknya dua gigabytes. Mengalokasikan lebih banyak RAM ke BlueStacks mungkin akan mengurangi kelambatan game untuk memastikan gameplay yang lebih cepat.

Versi BS yang lebih baru mencakup pengaturan mesin game yang dengannya pengguna dapat memaksimalkan jumlah RAM, dan sumber daya sistem lainnya, untuk emulator Android. Ikuti panduan di bawah ini untuk meningkatkan RAM untuk BlueStacks.

  • Buka emulator BlueStacks.
  • Klik tombol Pengaturan di kanan atas BlueStacks untuk membuka menu.
  • Pilih Pengaturan untuk membuka jendela yang menyertakan opsi lebih lanjut untuk perangkat lunak.
  • Klik tab Engine di sebelah kiri jendela Pengaturan.

Kemudian pengguna dapat menyeret Memory bar ke kanan untuk meningkatkan jumlah RAM yang dialokasikan ke BlueStacks. Seret bilah ke kanan untuk menambah RAM hingga 4096 MB (sekitar empat GB) jika laptop atau desktop Anda memiliki delapan GB RAM atau lebih.

Pengguna juga dapat memilih lebih banyak core CPU untuk BlueStacks. Pilih angka tertinggi dari menu drop-down CPU Cores.

Cara Mempercepat Bluestack di PC Agar Tidak Lemot lagi

  1. Tutup Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Pengguna dapat membebaskan RAM, dan sumber daya sistem lainnya, untuk BlueStacks dengan menutup perangkat lunak pihak ketiga.

Program penutupan akan memiliki efek yang mirip dengan meningkatkan alokasi RAM karena juga akan membuat lebih banyak sumber daya sistem tersedia untuk BlueStacks. Ingat bahwa mungkin ada beberapa perangkat lunak latar belakang yang berjalan di Windows bahkan ketika tidak ada jendela program yang terbuka di taskbar.

Pengguna dapat menutup sebagian besar perangkat lunak pihak ketiga dengan Task Manager sebagai berikut.

  • Klik kanan bilah tugas untuk membuka menu konteksnya, dan pilih opsi Pengelola Tugas.
  • Kemudian klik tab Processes yang ditunjukkan langsung di bawah.
  • Pilih perangkat lunak (kecuali BlueStacks) yang tercantum di bawah aplikasi, dan tekan tombol Akhiri tugas.

Proses latar belakang juga mencakup beberapa perangkat lunak latar belakang. Jadi lihat dan tutup semua perangkat lunak pihak ketiga yang tidak penting yang terdaftar di sana.

Perhatikan bahwa layanan perangkat lunak pihak ketiga juga dapat memakan sumber daya sistem. Pengguna dapat menonaktifkan layanan pihak ketiga dengan utilitas Konfigurasi Sistem. Ini adalah bagaimana pengguna dapat menghentikan layanan perangkat lunak.

  • Tekan tombol Windows + pintasan keyboard R.
  • Masukkan ‘msconfig’ di Jalankan, dan klik tombol OK.
  • Pilih tab Layanan pada jendela Konfigurasi Sistem.
  • Pilih opsi Sembunyikan semua layanan Microsoft.
  • Kemudian hapus pilihan beberapa layanan pihak ketiga yang terdaftar.
  • Klik tombol Terapkan dan OK.
  • Pilih opsi Restart untuk me-restart Windows.

You May Also Like

About the Author: prastiker