Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Saat Dicolok

Flashdisk minta format terus pada saat dicolok ke PC atau komputer? Tak perlu panik, kami punya cara mengatasi flashdisk minta format saat dicolok yang mudah bisa Anda coba praktekkan sendiri nanti. Dijamin berhasil 100%.

Kejadian flashdisk yang  minta format pada saat dicolokkan ke PC atau komputer ini pada dasarnya sudah sangat sering ditemui. Sebenarnya ada banyak sekali hal yang menjadi penyebab utama tiba – tiba flashdisk Anda meminta penghapusan data – data secara terus menerus. Pada saat dicolok, tetapi flashdisk Anda justru mengeluarkan notif pemformatan, tak berarti flashdisk yanga Anda miliki tersebut rusak. Jika beruntung, Anda bisa kok memperbaikinya tanpa harus kehilangan semua data yang tersimpan di dalamnya. Penasaran? Simak langkah selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Flashdisk Minta Format

  • Penyebab utama flashdisk minta format atau penghapusan data – data yang pertama adalah adanya kerusakan pada bagian hardware dan tidak bisa diperbaiki lagi. Itu artinya, flashdisk yang Anda miliki benar – benar rusak bagian hardwarenya atau yang biasanya disebut dengan physical damage. Ini adalah jenis kerusakan flashdisk yang parah sehingga tidak bisa diperbaiki secara manual. Jika memang demikian, itu berarti yang harus Anda lakukan adalah membeli flashdisk yang baru lagi.
  • Penyebab lainnya adalah adanya kerusakan ringan seperti rusak di bagian fisik atau pun ada salah satu komponen flashdisk yang terlepas tetapi masih bisa disambung. Bahkan jika flashdisk Anda ternyata patah ternyata masih bisa ditempelkan kembali untuk kemudian bisa digunakan seperti biasa.
  • Virus dan malware juga bisa menjadi penyebab kenapa pada akhirnya flashdisk Anda minta format terus pada saat dicolok. Ini bisa jadi script dari virus tersebut, atau virus yang ada ternyata sudah merusak bagian komponen flashdisk Anda, hingga membuat flashdisk yang Anda miliki tersebut minta format terus.
  • Tidak jauh berbeda dengan hardisk, ternyata flashdisk juga bisa alami yang namanya bad sector. Umumnya hal tersebut bisa terjadi karena pada saat mencabut dari port tidak dilakukan dengan cara yang benar. Aturannya seperti ini, Anda harus terlebih dulu meng-eject baru setelah itu flashdisk bisa dicabut. Tetapi apabila Anda langsung mencabut flashdisk dari port, maka hal tersebut bisa membuat flashdiskmu jadi cepat rusak.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Minta Format

Melakukan low level format

Cara mengatasi flashdisk minta format saat dicolok yang pertama ini adalah dengan melakukan low level format. Terkadang cara tersebut bisa dibilang cukup mudah dan efektif sekali untuk mengatasi flashdisk yang minta format terus menerus. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa simak langkah – langkahnya di bawah ini.

Langkah Pertama

Untuk langkah pertama yang harus Anda lakukan di sini adalah menyambungkan flashdisk yang bermasalah tersebut ke perangkat PC atau komputer Anda. Jika sudah, silakan lanjutkan dengan membuka menu Run. Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu mengkombinasikan tombol Windows dengan “R”. Jika sudah, ketikkan saja “msc” kemudian pilih Ok.

Melakukan low level format

Lalu pada langkah yang berikut ini, apabila Anda sudah memilih di bagian Storage maka Anda hanya perlu mengeklik kanan pada flashdisk Anda. Kemudian pilihlah menu Format. Jika sudah, silakan Anda ikuti semua petunjuk yang ada, dan tunggu sampai proses format selesai.

Format dengan CMD

Jika ternyata cara di atas masih belum berhasil mengatasi masalah flashdisk yang minta format terus pada saat dicolok, maka Anda bisa mencoba cara lainnya, yakni dengan memformat kemudian repair dengan CMD. Tahukah Anda apa itu CMD? Ini merupakan salah satu fitur yang bisa dibilang paling serbaguna yang ada di Windows. Bagaimana tidak, Anda bisa menggunakan CMD ini untuk memformat media flashdisk yang sedang alami error.

Format lalu repair dengan CMD

Caranya tentu mudah sekali, pertama – tama Anda harus terlebih dulu membuka CMD lalu ketikkan saja format “directory flashdisk dan tekan Enter. Jika sudah, lanjutkan dengan mengganti directory flashdisk-nya dengan tempat Anda mencolokkan flashdisk. Contohnya saja bila flashdisk Anda terhubung pada Drive F:, maka jadinya seperti ini, format F:.

Software repair flashdisk

Selain dengan cara di atas, ada juga alternatif lain untuk mengatasi flashdisk yang minta format terus menerus saat dicolokkan. Misalnya saja lewat software repair flashdisk di CMD. Untuk langkah – langkahnya mudah sekali, Anda hanya perlu membuka CMD jika sudah ketikkan saja chkdsk [directory flashdisk] /R.

Contoh mudahnya seperti ini, jika flashdisk Anad ternyata ada di Drive F: seperti pada cara kedua di atas, maka jadinya akan seperti ini, chkdsk :F /R. Kemudian silakan Anda tekan Enter. Silakan ditunggu sampai proses repairnya selesai dan cek apa flashdisk Anda sudah bisa digunakan seperti sediakala.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi flashdisk minta format saat dicolok. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: prastiker